Peresmian DPKP, Pj Bupati Asra : Harus Ada Upaya Meminimalisir Kebakaran di Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG — Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) diminta untuk melakukan upaya meminimalisir terjadinya kebakaran.

Hal itu disampaikan oleh Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra dalam sambutan Peresmian Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) setempat, Kamis (19/9/2024) di Workshop BPBD setempat.

“Nol kejadian kebakaran itu tidak mungkin, tapi setidaknya harus ada angka penurunan kebakaran. Harus ada upaya untuk meminimalisir kejadian,” tegas Asra.

Penegasan Pj Bupati Aceh Tamiang ini menanggapi laporan yang disampaikan Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) yang baru diresmikan, M. Ilham Malik, S.STP, M.M yang menyebutkan kejadian kebakaran disetiap tahunnya mencapai hingga melebihi diatas angka 50.

Asra menekan agar petugas pemadam kebakaran bisa tiba kelokasi kebakaran tepat waktu, 15 menit setelah mendapatkan informasi harus sudah sampai kelokasi kebakaran.

“Sayang sekali kita selalu datang terlambat,” sebut Asra sembari menyebutkan rata-rata setiap kebakaran itu terjadi gara-gara konslet listrik.

Pinta Asra kepada para camat dilingkup Pemkab Aceh Tamiang diminta untuk lebih peka terhadap gang kebakaran dipermukiman penduduk.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Aceh Tamiang, M. Ilham Malik, S.STP mengungkapkan jumlah seluruh personel di Dinas yang dibawahinya itu sebanyak 105 orang petugas, yang diantaranya ditugaskan di 6 POS yang berada disejumlah Kecamatan.

Ilham juga mengharapkan dukungan dan kerjasama dari segenap intansi yang ada seeta masyarakat sepenuhnya.

“Kami berharap kedepannya mendapat dukungan yang optimal dari seluruh staceholder,” harap Ilham yang juga masih berstatus sebagai Camat Tamiang Hulu.

Imbuh Ilham, dirinya sangat bersyukur Pemadam Kebakaran (Damkar) Aceh Tamiang kini sudah berpijak diatas kaki sendiri dan mengurusi rumahtangganya secara mandiri.

“Selama ini, Pemadam kebakaran pernah berpindah tempat dari satu instansi ke instansi yang lain sebanyak 6 kali, diantaranya Dinas PU, Bagian Umum Serdakab, DLH, dan BPBD yang akhirnya sekarang sudah berdiri sendiri sebagain Dinas,” pungkas Ilham.

banner 400x130

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *