Ketua KIP Aceh Tamiang Rita Afrianti : Sortir dan Lipat, Jika Ditemukan Surat Suara Rusak Segera Lapor

SATUKATA.NET | ACEH TAMIANG — Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Rita Afrianti meminta kepada semua personil yang ikut dalam kegiatan Sortir dan Lipat (Sorlip) Surat Surat Pemilu Serentak 2024 agar dapat meneliti setiap lembarnya.

” Hari ini kita melakukan Sortir dan Lipat, jika ditemukan kerusakan pada surat suara, seperti sobek, buram, adanya noda dan sebagainya mohon segera dilapor kepada petugas yang mengawasi,” tegas Rita Afrianti di Gedung Olah Raga (GOR), Selasa (16/1/2024) siang.

Disamping itu Rita juga menegaskan agar dapat menpastikan sesuai petunjuk dari petugas staf KIP, jangan ada yg keliru seperti terbalik, jika ada hal yg tidak jelas harus ditanyakan, karena jika salah nanti harus diulang kembali.

“Harus dengan tertib dan fokus, dan jangan sampai ada yang merusak surat suara serta kalau ada dari petugas yang menjadi caleg atau pengurus partai, maka tidak boleh terlibat melipat surat suara, karena nanti akan memunculkan praduga yang negativ terkait idepedensi petugas,” tegasnya kembali.

Tim Kerja Sortir dan Lipat Surat Suara

Sementara itu Sekretaris KIP Aceh Tamiang Achmad Yuhardha menjelaskan Tim Kerja Sortir dan Lipat Surat Suara ini melibatkan warga lokal yang dari 48 Kelompok Kerja dijadwalkan hingga tanggal 20 Januari mendatang.

“Semua ada 48 Kelompok Kerja setiap kelompok ada 10 orang. Jadi ada 480 orang kerja,” jelasnya.

Yuhardha menjelaskan Surat Suara yang di terima sebanyak 208.434 surat suara sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) kemudian jumlah total 2 % DPT yaitu sebanyak 4.624 sehingga jumlah surat suara menjadi 213.058.

Kemudian Yuhardha rincian jumlah Surat Suara yang diterima terdiri dari Surat Suara Presiden Wakil Presiden : 213.058, Surat Suara DPR RI : 213.058, Surat Suara DPD : 213.058, Surat Suara DPR RA : 213.058 dan Surat Suara DPRK : 213.058

“Total jumlah surat suara Pemilu Serentak 2024 di Aceh Tamiang sebanyak 1.065.290 surat suara”, ungkapnya.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *