49 Perwira Raih Pertamina Awards

Nasional171 Dilihat

SATUKATA, JAKARTA – Baru – baru ini sebanyak 49 Perwira menerima anugrah “Pertamina Award” pada “AKHLAK Festival 2023” PT Pertamina (Persero).

menggelar “AKHLAK Festival 2023”. Dalam kesempatan itu, manajemen menganugerahkan “Pertamina Awards” kepada 49 Perwira.

banner 400x130

“Penghargaan itu adalah wujud apresiasi terhadap para Perwira Pertamina yang inovatif dan berprestasi. Parameternya adalah nilai-nilai budaya AKHLAK,” ujar Direktur SDM Pertamina, M. Erry Sugiharto melalui siaran persnya.

AKHLAK adalah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Jargon yang digulirkan Menteri BUMN, Erick Thohir kepada semua BUMN sejak 2020, termasuk di lingkungan PT Pertamina (Persero).

“Tata Nilai AKHLAK terbukti ampuh. Tahun 2022 achievement-nya luar biasa, dan capaian ini merupakan yang pertama kali di Pertamina,” ujar Erry Sugiharto.

Terdapat 7 kategori dalam Perwira Awards ini yakni Perwira Safety Initiative, Perwira Promotor “AKHLAK”, Perwira Pejuang Unit (Pria), Perwira Pejuang Unit (Wanita), Perwira Garda Terdepan (Pria), Perwira Garda Terdepan (Wanita), Perwira Good Influencer.

ONE Pertamina

Sebagai Direktur SDM, Erry bertekad terus mendorong semangat ONE Pertamina agar seluruh entitas bisnis grup dapat meningkatkan kinerjanya. Targetnya, mampu meningkatkan engagement pekerja, sehingga tercipta budaya kerja yang tinggi.

“Manajemen berharap, kolaborasi dan sinergi aktif dari seluruh Perwira dapat dipertahankan dan ditingkatkan melalui berbagai program. Direktorat SDM Pertamina menyadari bahwa SDM merupakan aset bagi pencapaian visi perusahaan menuju global energy company,” pungkasnya.

Prestasi yang telah tertoreh, bukan hal yang tiba-tiba terwujud, melainkan melalui transformasi bisnis, ditandai dengan restrukturisasi kapabilitas organisasi. Itu diberlakukan melalui holding maupun sub holding, paralel dengan digulirkannya jargon AKHLAK.

Sejauh ini, Program Kementerian BUMN mengenai nilai utama AKHLAK telah diimplementasikan Pertamina dari tingkat manajemen hingga Perwira. Hasilnya, perusahaan berhasil meraih capaian yang luar biasa sepanjang tahun 2022 dan berlanjut di tahun 2023.

Menurut Erry, AKHLAK merupakan moral etika yang menjadi panduan seluruh BUMN dan dirancang untuk proses transformasi human capital guna meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global serta memposisikan BUMN sebagai pabrik talenta.

“Kami terus bertransformasi secara digital untuk menciptakan sumber daya unggul dan berdaya saing serta diharapkan mampu mengantisipasi kebutuhan bisnis Pertamina di masa depan,” imbuh Erry. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *