Konsep Strategis dan Komitmen Pangdam IM dalam Program Ketahanan Pangan I’M Jagong.

Berita569 Dilihat

SATUKATA.NET| ACEH TENGGARA — Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja ke Kodim 0108/Agara. Selasa (09/01/24).

Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P saat bertemu dengan petani jagung.

Disela-sela kunjungan kerja tersebut, Pangdam IM menyempatkan diri untuk meninjau lahan jagung dan bertemu langsung dengan para petani jagung di Desa Lawe Deski Kecamatan Babul Makmur Kabupaten Aceh Tenggara.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IM menyampaikan tentang Program Ketahanan Pangan Program I’M Jagong Kodam Iskandar Muda, yang telah masuk pada fase menuju konsep hilirisasi industri Jagung.

Setelah sukses pada fase tanam dan panen perdana, dilanjutkan dengan fase tanam kedua, dan pembukaan Balai Diklat Pertanian dan Peternakan I’M Jagong, maka Program I’M Jagong saat ini sedang menuju pada tahapan persiapan hilirisasi industri produk jagung.

Dengan luasnya lahan jagung di wilayah Aceh Tenggara, maka merupakan suatu potensi luar biasa untuk hilirisasi industri, dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan nilai jual dari produk jagung, menjadi pakan dan produk turunan lainnya. Hilirisasi industri juga akan mendapatkan nilai tambah dan jaminan pasar yang luas. Pada akhirnya tentu saja berdampak positif pada kenaikan ekonomi masyarakat.

Sebagai proses yang memberikan nilai tambah, hilirisasi industri di bidang pertanian otomatis menjadi salah satu kunci kesejahteraan bagi petani, mengingat selama ini petani cenderung menjual produknya secara langsung saat panen, tanpa mengolahnya dulu menjadi produk yang lebih bernilai jual seperti pakan dan produk turunan lainnya, sehingga keuntungan yang diterimanya lebih kecil.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapoksahli Pangdam IM, Asintel Kasdam IM, Kapendam IM, Dandim 0108/Agara, Forkopimda Agara, dan masyarakat setempat.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *