Sebanyak 1.539 Calon PPS Ikuti Tes Wawancara

Headline, Politik348 Dilihat

SATUKATA.NET, ACEH TAMIANG — Sebanyak 1.539 peserta seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Aceh Tamiang yang telah mengikuti tes tulis dinyatakan lolos dan melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu sesi wawancara.

Seleksi ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, yang mencakup pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KIP Aceh Tamiang, Kamardi Arif kepada SATUKATA.NET, Rabu (22/5/2024) mengatakan dari 216 kampung se-Aceh Tamiang, ada 1.539 orang untuk mengikuti tahapan tes wawancara.

“Calon anggota PPS akan mengikuti seleksi wawancara dari tanggal 21-23 Mei 2024 di kantor KIP Aceh Tamiang” ujarnya.

Para peserta ini akan mengikuti tes wawancara untuk memperebutkan 648 posisi anggota PPS yang dibutuhkan di 216 kampung se-Kabupaten Aceh Tamiang.

Bang Haji sapaan akrab Kamardi Arif menjelaskan bahwa peserta dengan materi wawancara yang meliputi topik-topik seperti kepemiluan, Undang-Undang Pilkada, nasionalisme, dan terutama integritas.

Menurut Bang Haji, integritas dan kode etik adalah hal yang sangat penting bagi anggota PPS yang terpilih. Dirinya mengaku akan terus menilai pengalaman kepemiluan peserta, loyalitas, dan integritas mereka terhadap KIP.

“Kami berharap agar para petugas PPS yang terpilih nantinya benar-benar memahami tugas dan kewajiban mereka,” katanya.

Bang Haji juga menjelaskan bahwa seleksi wawancara ini akan memilih 6 peserta setiap kampung yang kemudian akan menetapkan 3 peserta sebagai PPS dan 3 peserta sebagai pengganti.

Ia menambahkan bahwa siapapun yang lulus dan terpilih sebagai anggota PPS maka merekalah yang memiliki integritas serta komitmen untuk mensukseskan Pilkada aceh tamiang tahun 2024

Menurutnya di hari pertama tes wawancara, Selasa (21/5/2024) ada peserta tidak hadir masing – masing Kecamatan Sekerak sebanyak 3 orang tidak hadir, Karang Baru sebanyak 16 orang tidak hadir, Banda Mulia sebanyak 4 orang tidak hadir dan Kejuruan Muda ada 3 orang tidak hadir.

“Hasil tes wawancara akan di umumkan pada tanggal 25 Mei serta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah pada tanggal 26 Mei 2024 mendatang,” sebut Bang Haji mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *