Puluhan Ribu Masyarakat Aceh Tamiang Tumpah Ruah Saksikan Festival Takbir Keliling, Ini Janji Pj Asra

Berita, Headline, Religi1107 Dilihat

SATUKATA.NET, ACEH TAMIANG — Puluhan ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan Festival Takbir Keliling yang Pemerintah Kabupaten Aceh Aceh Tamiang dalam rangka memeriah malam takbiran Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 09 April 2024/1 Syawal 1445 Hijriah.

Hal itu terbukti ketika pelepasan kontingen Festival Takbir Keliling dari Kantor Bupati setempat, Selasa (9/4/2024) sekira pukul 21.00 WIB, kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan menuju Banda Aceh macet hingga 2 – 3 kilometer, begitu juga sebaliknya kemacetan juga terjadi arah ke Medan.

Diketahui setelah empat tahun tidak digelar Festival Takbir Keliling karena COVID-19, Tahun 2024 Pemkab Aceh Tamiang kembali menggelar event yang selalu dinanti masyarakat Bumi Muda Sedia ini.

“Alhamdulillah, setelah COVID-19. Tahun ini Aceh Tamiang kembali menggelar Festival Takbir Keliling yaitu di ikuti 29 kontingen,” ungkap Pj. Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra saat pelepasan kontingen yang berlangsung di halaman kantor bupati setempat.

Asra menjelaskan dengan keterbatasan waktu yang mendadak, akhirnya malam ini terlaksana dan masyarakat sangat antusias menyaksikan festival ini.

Pada kesmpatan tersebut Asra menyampaikan pesan kepada Pimpinan DPRK Aceh Tamiang dan Ketua TAPK untuk tahun 2025 agar dianggarakan untuk Festival Takbir Keliling dengan nilai yang besar.

“Ini harus kita rencanakan dari sekarang, Tahun depan harus lebih besar,” tegasnya sembari menambahkan pembahasan APBK Tahun 2025 ini harus lebih besar.

Asra menegaskan Tahun 2025 nanti Festival Takbir Keliling untuk Juara 1 senilai 30 juta, Juara 2 senilai 20 juta, Juara 3 senilai 10 juta dan 5 juta untuk 10 peserta kontingen.

“Acara ini di Tahun 2025 harus lebih besar. Juara 1 senilai 30 juta, Juara 2 senilai 20 juta, Juara 3 senilai 10 juta dan 5 juta untuk 10 peserta kontingen,” tegas Asra.

Sebelumnya Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tamiang, Syamsul Rizal, S. Ag selaku Panitia Pelaksana Kegiatan Festival Takbir Keliling mengucapkan ribuan terima kasih atas partisipasi semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

“Ada 29 kontingen yang ikut dalam Festival Takbir Keliling ini. Ssmua kontingen akan dinilai sepanjang jalan saat melakukan takbir keliling,” urainya.

Kemudian Syamsu Rizal menjelaskan untuk rute yang di lalui yaitu Kota Kuala Simpang, Rantau menuju Upah serta Tugu Upah kemudian Karang Baru dan kembali ke Kantor Bupati.

Syamsul Rizal sampaikan bahwa pada festival yang digelar tersebut telah dipersiapkan hadiah. “Total hadiah ada 40 juta,” sebutnya.

Kemudian Kadis SI ini merincikan untuk masing – masing :
1. Juara I mendapatkan uang tunai senilai Rp. 10.000.000,- ,
2. Juara II mendapatkan uang tunai senilai Rp. 7.500.000,-
3. Juara III mendapatkan uang tunai senilai Rp. 5.000.000,-
4. Juara IV, V dan IV masing-masing mendapatkan uang tunai senilai Rp. 2.500.000,-

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *