Presiden InWCCA Menjadi Narasumber Kuliah Pakar Fikes UMMAH 

Berita133 Dilihat

SATUKATA.NET BIREUEN – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh ( FiKes UMMAH) Kabupaten Bireuen menggelar Kuliah Pakar yang berlangsung di Ruang Aula Lt. 3 Fikes UMMAH Bireuen pada hari Selasa (04/06/2024).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Ns. Mahadzir ZA, M.Kep., Wakil Dekan FiKes UMMAH Bidang Kemahasiswaan dan Alumni , yang dikenal dengan sapaan Pak Ajir Peudada saat dikonfirmasi oleh media ini pada Rabu (05/6/2024) di ruang kerjanya kampus FiKes UMMAH Bireuen.

Dalam keterangannya, Pak Ajir menerangkan bahwa Kuliah Pakar atau Expert Lecture ini menghadirkan Ns. Edy Mulyadi, M.Kep, RN, WOC(ET)N sebagai narasumber, dimana beliau adalah perawat praktisi dan pakar keperawatan luka Indonesia, yang sering menjadi pembicara tidak hanya level nasional namun juga internasional.

Selain itu, beliau adalah Presiden Indonesia Wound Care Clinician Association (InWCCA) dan juga Dosen Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa.

“Kuliah Pakar kali ini membahas topik tentang Implementasi Moist Wound Healing dalam Perawatan Luka Bakar untuk Mencegah Komplikasi” ujarnya.

Kegiatan kuliah pakar tersebut diikuti oleh 315 mahasiswa dari semester 2 dan 6 semua prodi yang ada di fakultas kesehatan UMMAH dan dibuka langsung oleh Dekan FiKes UMMAH dr. Mursyidah A.Latief, MPH, didampingi Ketua Prodi Diploma D3 Keperawatan, Ns. Badrulzaman, M.Kep., turut hadir juga Gubernur InWCCA Aceh Ns. Saiful Faisal dan Korlap PPNI Bireuen, Ns. Didi Suryadi, S.Kep.

Dalam sambutannya, dr. Mursyidah mengapresiasi kegiatan ini dan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak Ns. Edy Mulyadi, M.Kep., yang sudah meluangkan waktu berkenan berbagi ilmu dengan Mahasiswa FiKes UMMAH.

“Menyikapi kebutuhan akan layanan yang semakin meningkat terutama bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus dengan luka bakar kronik ini, maka perlu ditingkatkan wahana ilmiah guna menambah pengetahuan dan skill dalam perawatan luka kedepan agar lebih aktif dan mampu memenuhi panggilan pelayanan terutama dalam hal perawatan luka,” tambah Dekan FiKes UMMAH dalam sambutannya.

Setelah pembukaan dan kata sambutan Dekan FiKes UMMAH, dilanjutkan dengan pemateri pertama oleh Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Bireuen, Ns. Mirzal Tawi, M.K.M, sebagai pra kuliah atau pengantar dan memberikan pencerahan serta motivasi kepada mahasiswa Fikes UMMAH.

Sesi berikutnya, merupakan kuliah pakar utama disampaikan oleh bapak Ns. Edy Mulyadi, M.Kep, RN, WOC(ET)N, presiden InWCCA yang juga kandidat Doktor Universitas Syiah Kuala Banda Aceh selama 1,5 jam yang membahas secara detail dan tuntas tentang Moist Wound Healing dalam perawatan luka bakar agar tidak terjadinya komplikasi, dilanjutkan antusiasme mahasiswa untuk diskusi dan tanya jawab dipandu secara apik oleh Wadek Ns. Mahadzir ZA, M.Kep.

Sebelum acara kuliah diakhiri, tampil juga Ns. Didi Mulyadi, S Kep., atau dikenal dengan Didi Noah menyampaikan tips dan trik sukses menjadi perawat luka. Acara ditutup dengan membaca Hamdalah.{**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *