PPNI dan BNNK Bireuen Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Siswa SMPIT Muhammadiyah Bireuen

Berita221 Dilihat

SATUKATA.NETI BIREUEN – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bireuen ajak Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bireuen laksanakan Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMPIT Muhammadiyah Bireuen pada Rabu (15/11/2023).

Korlap Infokom PPNI Bireuen, Ns. Didi Suryadi , S.Kep., atau dikenal dengan Didi Noah membenarkan dan memberikan keterangan kepada media ini terkait kegiatan tersebut.

banner 400x130

Didi Noah menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi Narkoba tersebut merupakan kegiatan PPNI Bireuen dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Indonesia ke 59 tahun 2023.

“Dalam rangka HKN ke 59 tahun ini, PPNI Bireuen menginisiasi kegiatan Sosialisasi Narkoba dengan bekerjasama dengan BNNK Bireuen dan SMPIT Muhammadiyah Bireuen dengan mengusung tema “Pelajar Hebat Tanpa Narkoba,” ujar Didi Noah.

Ketua PPNI Bireuen, Ns. Mirzal Tawi, M.K.M pada kesempatan itu menyampaikan urgensinya sosialisasi Narkoba kepada kalangan pelajar dan remaja setingkat pelajar SMP dan SMA.

“Pelajar dan remaja merupakan sasaran yang paling mudah bagi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, karena usia mereka baru akan menginjak dewasa dan secara perkembangan kejiwaan masih labil dan ingin menemukan jati diri, dimana secara psikologis mereka mempunyai rasa ingin tahu yang besar, senang coba coba, suka ikut-ikutan teman, rasa solidaritas group yang kuat dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sehingga mereka sangat rawan dan rentan menjadi objek sasaran peredaran narkoba,” jelas Ketua PPNI Bireuen yang kerap disapa Pak Syeh Tawi.

Lanjutnya, dalam berbagai bentuk, narkoba menjadi ancaman mengerikan bagi pelajar baik di lingkungan rumah, lingkungan bermain dan lingkungan sekolah, sehingga edukasi atau sosialisasi bahaya Narkoba kepada pelajar sebagai salah satu upaya preventif untuk mengatasi hal tersebut.

Sementara Kepala Sekolah SMPIT Muhammadiyah Bireuen, ustadz Chairil Maulana, ST menyambut baik kegiatan ini dan berterimakasih kepada PPNI Bireuen dan juga BNNK Bireuen.

“Terimakasih kepada PPNI Bireuen dan BNNK Bireuen. Kita berharap kegiatan tersebut dapat memberikan informasi dan edukasi kepada siswa siswi kami tentang bahaya dan dampak penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Setelah penyuluhan ini, harap ustadz Chairil, siswa siswi SMPIT Muhammadiyah Bireuen dapat terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba menjadi pelajar yang hebat tanpa narkoba, serta mampu menjadi agen anti narkoba di lingkungannya masing-masing, selanjutnya kegiatan dan kerjasama semacam ini perlu digalakkan.

Para narasumber yang berasal dari BNNK Bireuen yaitu Bapak Muzakir, S.Sos dan dari PPNI Bireuen Ns. Muhammad Hidayat, M.Kep. dan Ns. Faizah,M.Kep., dalam kesempatan tersebut memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai Narkoba, mulai dari jenis-jenisnya hingga akibat yang ditimbulkan dari masing-masing jenis narkoba dan juga memberikan pengetahuan kepada para pelajar tentang bagaimana mencegah dan ciri-ciri penyalahgunaan narkoba serta juga proses hukum yang menjerat kepada para pelaku penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan Sosialisasi Narkoba di SMPIT Muhammadiyah Bireuen tersebut diikuti 60 orang siswa, turut hadir juga pengurus PPNI Bireuen Fauzi Mahmoed,AMd.Kep, Ns.Cut Maria Veriana,M.Kep dan dewan guru, dipandu dengan apik oleh moderator Ns.Mahadzir ZA S.Kep., yang diwarnai dengan pembagian doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, akhiri kegiatan ditutup dengan pembacaan doa oleh guru SMPIT Muhammadiyah Bireuen ustadz Mariadi, S.PdI.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *