Pj Bupati Aceh Tamiang Tinjau Lokasi Abrasi dan Pengerjaan Pengalihan Arus Sungai, Ini yang Dilakukan

Daerah, Pemerintah115 Dilihat

ACEH TAMIANG|SATUKATA.NET — Penanganan banjir menjadi program kerja penting bagi Pemkab Aceh Tamiang. Sejumlah langkah tanggap bencana kerap dilakukan oleh Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) guna memitigasi serta meminimalisir dampaknya, seperti pengalihan arus sungai yang tengah dilakukan saat ini di Kampung Selamat KecamatanTenggulun.

Pj. Bupati, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH meninjau lokasi abrasi sungai dan pengerjaan pengalihan arus sungai serta pembangunan talud pada Minggu (1/10/2023) siang, mengatakan kegiatan tersebut bagian dari rekayasa tanggap bencana yang dilaksanakan oleh BPBD bersama masyarakat di Kampung Selamat.

banner 400x130

“Langkah-langkah yang kita lakukan ini, (merekayasa) pengalihan arus sungai dan pembangunan talud dalam rangka mencegah terjadinya abrasi lebih lanjut/meluas, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini”, ucapnya.

Disebutkannya, Pemkab senantiasa bekerja guna menangani banjir yang kerap terjadi di Bumi Muda Sedia, baik secara parsial maupun komprehensif dan terintegrasi dengan para stakeholder lainnya. Dalam pada itu, Pj. Bupati Meurah yang didampingi Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh & Kesejahteraan Rakyat, Muslizar, juga menjelaskan, pihaknya intens berkomunikasi dengan Dinas Pengairan Aceh guna penanganan dimaksud.

“Lebih lanjut kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pengairan Aceh guna penanganan kondisi sungai di Tenggulun dan Aceh Tamiang secara umum”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD, Iman Suhery yang didampingi Datok Penghulu Selamat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa menguraikan, pelaksanaan tanggap darurat turut melibatkan masyarakat. Dijelaskannya, pihak BPBD menurunkan alat berat guna pelaksanaan pengalihan arus dan pembangunan talud.

“Sementara itu, sumber material berasal dari wilayah Kampung Selamat dan sekitarnya”, ujar Iman yang kerap disapa Bayu.

banner 400x130

Posting Terkait

banner 400x130

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *