Pangdam IM Mengikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak

Berita128 Dilihat

SATUKATA.NET, MEDAN — Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr (Han) mengikuti Rapat Koordinasi kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024 di Wilayah Sumatera yang diselenggarakan di Regale International Convention Centre (RICC), Medan, pada hari Selasa (09/07/24).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak. Dalam rapat tersebut, ditekankan pentingnya peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk terus aktif menjalankan tugas dan fungsi kewenangannya dengan menjaga netralitas.

banner 400x130

Pemerintah daerah diharapkan memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai, termasuk alokasi anggaran yang cukup dan menjamin hak pilih masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

TNI, selain melaksanakan tugas pokoknya, juga diingatkan untuk menjaga netralitas selama proses Pilkada berlangsung. Media massa juga diminta untuk memastikan berita Pilkada yang disampaikan akurat, berimbang, dan terbebas dari hoax atau berita yang tidak terjamin kebenarannya.

Diharapkan, segala permasalahan dan hambatan yang muncul selama penyelenggaraan Pilkada dapat dikoordinasikan dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Sinergitas antara TNI, Polri, dan Bawaslu dalam Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) harus diperankan secara aktif.

Aparat intelijen juga diminta untuk memetakan potensi kerawanan yang mungkin terjadi selama Pilkada berlangsung.

Dengan koordinasi yang baik, diharapkan Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

Hadir dalam acara rapat tersebut, Asops Kasdam IM, Para Komandan satuan Jajaran Kodam Iskandar Muda.(Tika/SK)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *