Mau Tahu Siswa Pemenang Olimpiade Matematika Tingkat SMP se-Aceh Tamiang, Ini Profilnya

Headline, Nasional534 Dilihat

ACEH TAMIANG — Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa yang gelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang dari tanggal 5 – 17 Juni 2023 telah berakhir.

Kegiatan tersebut terdiri dari Olimpiade Sains Nasional ( OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ( O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) telah menanggalkan 51 pemenang tingkat SD dan 29 pemenamg tingkat SMP.

Dari 29 Pemenang Tingkat SMP, Muhammad Rafif Akhda tercatat sebagai Pemenang Olimpiade Matematika se-Aceh Tamiang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Karang Baru.

Diketahui Muhammad Rafif Akhda kelahiran 04 Juli 2009 lalu di Medan merupakan anak dari pasangan Derri Mahrizal, ST, S.Pd dan Tri Wahyuani Jamman S.Pd. Rafif sapaan akrabnya putra pertama dari dua bersaudara, adiknya bernama Muhammad Farhan Alizky (9) tahun.

Rafif juga merupakan atlit sepak bola di Tamiang Selection U-14 dengan posisi sebagai gelandang bertahan.

Rafif bersama adik dan kedua orang tuanya tinggal di Dusun Mesjid Desa Sapta Marga Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang.

Kedua orang tuanya bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara di Pemkab Aceh Tamiang. Ayah Rafif merupakan Kepala Seksi Pemerintahan di Kecamatan Bandar Pusaka, sedangkan ibundanya merupakan kepala Sub bagian Umum dan kepegawaian di Dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang.

Informasi yang dihimpun, Rafif mengawali pendidikannya di PAUD TK Negeri Pembina Manyak Payed Tahun 2013, kemudian di sekolah yang sama yaitu Tahun 2014 Rafif menyelesaikan TK-nya.

Rafif melanjutkan ke Sekolah Dasar Negeri 1 Manyak Payed. Di SDN 1 Manyak Payed Rafif merupakan Juara Umum dari kelas 1 Sampai dengan kelas 6.

Kemudian setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, Rafif melanjutkan ke sekolah SMP Negeri 2 Karang Baru.

Seusianya, Rafif telah menorehkan sejumlah prestasi di bidang sains mulai dari olimpiade sains bidang matematika sampai dengan hitung cepat yang diselenggarakan oleh pihak ketiga.

Ada Sosok Guru Luar Biasa

Dibalik kesuksesan yang diraih Rafif selain bimbingan dan penyemangat yang displin dari kedua orangtuanya, ada sang guru yang luar biasa.

Sang guru itu tidak lain adalah Purnama Ramellan, S.Pd yang telah mempersiapkan M. Rafif Akhdan dari jauh – jauh hari sebelum pelaksanaan O2SN tingkat Kabupaten ini.

Ellan sapaan akrabnya merupakan alumni S1 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Padang dan menyelesaikan studynya
di tahun 2012 dan di tahun yang sama Ellan juga lulus menjadi guru Program pemerintah SM3T yaitu program pengabdian sarjana pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T.

Saat itu Ellan ditugaskan di SMPN 3 Sawang Aceh Selatan dengan keterbatasan listrik dan signal.

Tahun 2015 Ellan berprofesi sebagai Tenaga Pengajar di SMK Migas Teknologi Riau dan di tahun 2016 diminta untuk jadi pengajar di Pesantren Buya Hamka Maninjau.

Setelah melalangbuana, Tahun 2017 takdir baik untuk Ellan, lulus PNS GGD ( guru garis depan) di Nias Selatan.

Dengan keterbatasan signal dan tidak ada listrik, Ellan ditempah untuk menjadi wanita yang tangguh dan mandiri. setelah menikah Ellan ikut suami dimana pun suaminya bertugas dan akhirnya suami Ellan ditugaskan di Aceh Tamiang tahun 2022 Ellan bergabung dan mengajar di SMPN 2 karang baru tempat Rafif menggali ilmu.

Dari sumber terpercaya ternyata Ellan sebelumnya juga merupakan Guru pembimbing untuk kegiatan olimpiade di sekolah terdahulunya.

Berdasarkan pengalaman yang ada inilah, Ellan dipercayakan untuk menahkodai Muhammad Rafif Akhdan sehingga mencapai hasil maksimal dan meraih Juara 1 Olimpiade Matematika tingkat SMP se-Aceh Tamiang tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *