Kontingen Kecamatan Banda Mulia Raih Juara Festival Takbir Keliling

Berita, Headline, Religi649 Dilihat

SATUKATA.NET, ACEH TAMIANG — Kontingen Kecamatan Banda Mulia berhasil menyisihkan 29 peserta kontingen lainnya dalam Festival Takbir Keliling yang digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal/1445 H.

Piala dan hadiah sebesar Rp. 10 juta untuk kontingen Kecamatan Banda Mulia tersebut diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, Rabu (10/4/2024) tengah malam.

Diketahui kontingen Kecamatan Banda Mulia berhasil meraih nilai tertinggi dalam festival dengan mengumpulkan 927 poin yang berasal dari sejumlah kriteria penilaian, di antaranya, tampilan truk pawai, bacaan takbir, dan kerapian peserta.

Untuk juara kedua diraih Kecamatan Manyak Payed dengan jumlah poin 924. Di posisi ketiga, Pertamina Hulu Rokan wilayah Rantau dengan nilai 917.

Dengan selisih satu poin, kontingen MAA menempati juara Harapan 1 dengan raihan nilai 916. Seterusnya, kontingen Dai Kecamatan Kabupaten Aceh Tamiang dengan nilai 907 menempati Harapan 2 dan terakhir, Kampung Seuneubok Aceh, Bendahara di posisi Harapan 3 dengan nilai 894.

Sebelumnya, saat pelepasan kontingen Pj. Bupati, Drs. Asra dalam sambutannya sangat mengapresiasi antusias masyarakat dan para peserta. Pj. Bupati Asra menyebutkan, kegiatan ini dihelat guna mengobati kerinduan masyarakat akan suasana malam takbiran meriah yang sudah beberapa tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

“Bukan lagi tentang uang yang menjadi target peserta, tapi semangat syiar islami yang luar biasa”, ujar Asra.

Melihat antusias masyarakat yang luar biasa ini, Pj. Bupati Asra menjanjikan, Festival Takbir Keliling tahun depan bisa lebih meriah dengan hadiah yang lebih besar. Dalam forum itu ia meminta langsung kepada Ketua DPRK, Suprianto dan Pj. Sekretaris Daerah selaku Ketua TAPK, Tri Kurnia, guna memberikan porsi anggaran khusus untuk kegiatan syiar Islam seperti ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Syariat Islam, Syamsul Rizal, menyebutkan besaran hadiah yang disediakan oleh panitia yaitu, Juara I Rp 10 juta, Rp II Rp 7,5 juta, Juara II Rp 5 juta, dan juara harapan 1,2 dan 3 masing-masing Rp 2,5 juta.

“Adapun rute yang dilalui peserta pawai takbir keliling mulai dari Kantor Bupati Aceh Tamiang menuju Kota Kualasimpang, selanjutnya ke Kecamatan Rantau, diteruskan ke Kecamatan Bendahara dan kembali ke kantor Bupati di Kecamatan Karang Baru. Dewan hakim akan menilai sepanjang rute perjalanan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *