Kembangkan Destinasi Kaloy, Meurah Boyong Datok Belajar ke Lukup Badak

Ragam51 Dilihat

TAKENGON – Disela kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah. Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH. MH boyong Datok Penghulu (Kepala Desa) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ke Arung Jeram Lukup Badak, agar meniru, manajemen pengelolaan serta pengalaman terkait kemajuan yang mereka capai.

Demikian kata Pj. Bupati Pemkab Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH. MH. Menginformasikan melalui aplikasi WhatsApp, pada SATUKATA. Rabu, 19 Juli 2023 dari Dataran Tinggi Gayo, Takengon.

banner 400x130

Dikatakan, tujuan kunjungan tersebut untuk melakukan studi tiru pengelolaan objek wisata arung jeram Lukup Badak agar bisa diterapkan di kawasan objek wisata pemandian air panas Kaloy yang juga mempunyai wahana arung jeram.

“Kita mau belajar tentang bagaimana pengelolaan arung jeram di sini. Karenanya, saya bawa serta Kadisparpora, Camat Tamiang Hulu, Datok Penghulu Kaloy, dan Pokdarwis supaya bisa menyerap langsung ilmu dan pengalaman dari pengelola di sini,” kata Meurah.

Masih Meurah, pihaknya berencana membangun wisata arung jeram di kawasan Tamiang Hulu yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kaloy.

“Di Kaloy, 60 persen masyarakatnya bersuku Gayo. Ada kesamaan kultur. Jadi kita ingin, Lukup Badak yang dikelola Koperasi Wisata Alam Gayo menjadi tempat transfer knowledge,” tegas Meurah Budiman.

Katanya lagi, dalam waktu dekat pihaknya juga akan memboyong Pokdarwis Kaloy ke Lukup Badak.

“Dan kita meminta dukungan dari Koperasi Jasa Wisata Alam Gayo, untuk mau mengajarkan kita bagaimana cara mengelola dan mengembangkan wisata arung jeram ini. Karena kami nilai, di Takengon arung jeram sudah sangat maju,” terangnya.

Mendengar hal tersebut, Manager Arung Jeram Lukup Badak, Irham Rahmadi Supervisor Operasional wahana arung jeram Lukup Badak, Muzakkir bersama Kepala Disparpora Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo, menyambut baik keinginan itu. Dan pihaknya akan menyampaikan, ke pengurus Koperasi Jasa Wisata Alam Gayo terkait kerjasama yang akan dilakukan.

“Intinya kita tidak keberatan. Dan kita akan sampaikan ke pimpinan koperasi, bagaimana langkah selanjutnya yang akan ditempuh dari kerjasama ini,” ujarnya.

Sebelum bertolak, Pj. Bupati Meurah bersama rombongan sempat menjajal wahana arung jeram Lukup Badak.

Tampak ikut dalam rombongan, Kadisparpora M. Farij, Camat Tamiang Hulu, Ilham Malik, dan Kabag Prokopim, Azwanil Fakhri. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *