Gelar Simulasi Pemunggutan Suara Pemilu 2024, Ini Kata Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni AH

Berita682 Dilihat

SATUKATA.NET | ACEH TAMIANG — Sebagai bentuk persiapan Pemilu Tahun 2024 mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar simulai pemungutan dan penghitungan suara serta aplikasi Sirekap.

Simulai tersebut berlangsung di halaman Kantor Camat Kota Kuala Simpang dengan jumlah peserta simulasi diikuti 227 orang pemilih dari TPS 7 Kampung Sriwijaya, Sabtu (23/12/2023).

banner 400x130

Disela-sela kegiatan simulasi Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Agusni AH menyampaikan, bahwa sedikitnya ada empat elemen penting dalam penyelenggaraan Pemilu yakni, adanya pemilih, pemerintah, peserta dan penyelenggara.

“Ke empat instrumen ini saling berhubungan satu sama lainnya dengan semangat dan komitmen bersama, sehingga pelaksanaan dan hasil Pemilu nantinya dapat dipercaya publik,” jelas Agusni AH.

Agusni yang juga Ketua Bidang SDM KIP Aceh mengharapkan, semua pihak yang ikut terlibat dalam semua proses dan tahapan Pemilu 2024 akan menjadi lebih baik.

“Sedianya memberi dampak positif bagi kemaslahatan bangsa dan negara ini,” pungkasnya.

Sementara Sekretariat KIP Aceh Tamaing, Aahmad Yuhardha mengatakan simulasi ini dilaksanakan sebagai salah satu tahapan untuk mempersiapkan penyelenggara khususnya ditingkat desa mulai dari PPS dan KPPS agar nantinya pada hari pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara dapat berjalan sesuai prosedur.

Ahmad Yuhardha mengatakan pelaksanaan simulai ini melibatkan seluruh unsur penyelenggara mulai dari KIP/BAWASLU/PPK dan khususnya anggota KPPS dari TPS 7 Kampung Sriwijaya.

” Pemilih TPS 7 Kampung Sriwijaya dengan jumlah DPT 226 pemilih, jumlah ini sebagai peserta simulasi,” ujar Ahmad Yuhardha.

Ahmad Yhardha berharap melalui simulasi ini para penyelenggara khususnya KPPS dapat mematangkan persiapan untuk pemilu tahun 2024 mendatang.

Dalam kegiatan simulasi tersebut turut hadir H Iskandar Agani, Ketua Divisi Datin KIP Aceh dan Ketua Divisi Parmas KIP Aceh Hendra Darmawan serta Sekretaris KIP Aceh Tamiang Achmad Yuhardha, para pimpinan partai politik, segenap unsur Forkopimda serta Panwaslu dan Ketua PPK Kota Kualasimpang bersama anggota lainnya dengan melibatkan para anggota PPS Desa Sriwijaya yang langsung terlibat sebagai petugas KPPS serta hadir juga AKBP Giyarto, S.I.K Wakil Direktorat Intelkam Polda Aceh.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *