Anggota DPRA Irfansyah Terobos Banjir Antar Bantuan ke Dapur Umum Aceh Tamiang

Bencana, Headline, Politik385 Dilihat

SATUKATA.NET, ACEH TAMIANG – Warga dan para pengungsi dikagetkan dengan kedatangan anggota Komisi II DPR Aceh, Irfansyah pada dini hari di posko pengungsian dan dapur umum di Dusun Bahagia, Desa Bundar, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang.

Irfansyah pun diklaim oleh warga dusun itu sebagai pejabat publik pertama yeng datang menyalurkan bantuan bahkan mendahului pemerintah kecamatan setempat.

“Ya, kami terimakasih sekali karena dari pejabat lain yang lebih dekat belum ada datang,” kata Kepala Dusun Bahagia, Indra Syahputra kepada wartawan, Selasa (26/12/2023) dini hari.

Ia menilai Irfansyah yang saat ini maju lagi untuk melanjutkan dua periode Caleg DPRA Partai Aceh dari Dapil 7 (Langsa – Aceh Tamiang) sangat peka terhadap kondisi warga terdampak banjir di tenda pengungsian. Buktinya meski sudah larut malam dia datang langsung antar logistik ke dapur umum.

“Bantuan diangkut pakai mobil, kami kaget kira siapa yang datang malam-malam bawa beras,” ucap Kadus Bahagia itu.

Adapun bantuan darurat yang disalurkan legislator PA itu berupa beras, mie instan, minyak goreng, telur air mineral dan sembako lainnya. Irfansyah juga sempat bercengkerama dengan warga Desa Bundar di tenda pengungsian. Bagi korban banjir Irfansyah datang diwaktu yang tepat.

“Saya pribadi tidak kenal dia. Tapi beliau cepat tanggap darurat, datang membawa logistik hanya modal ditelepon saja oleh warga,” tuturnya.

Menurut Indra Syaputra rumah warga yang terendam banjir di dusun itu sebanyak 86 unit tersebar di empat titik. Ketinggian air nyaris meraih jendela rumah. Mayoritas warga mengungsi dari komplek perumahan yang terendam sajak Senin pagi.

“Air masuk malam, kemudian paginya makin tinggi dan masuk ke rumah. Banjir datang dari alur akibat luapan sungai Aceh Tamiang dari Desa Mananggini,” pungkas Indra.

Camat Karang Baru, Fachrurozi Syamsuyar membenarkan beberapa desa di wilayahnya terendam banjir termasuk Desa Bundar. Ratusan warga bahkan sudah mengungsi di posko dan membuat dapur umum. Dia pun bersama jajarannya gerak cepat untuk menyalurkan bantuan logistik.

“Logistik pangan sudah kami distribusikan ke dapur umum posko pengungsian banjir di Kampung Sukajadi dan Kampung Alur Baung,” ujar Fachrurozi

Menurutnya hari ini sebaran banjir semakin meluas ke kampung lain seperti Mananggini, Kebun Tanah Terban, Tanjung Seumatoh dan lainnya.

“Hari ini kita akan mutar salurkan logistik ke enam kampung terdampak banjir baru, termasuk di Desa Bundar dan Kebun Tanah Terban bila dapur umum telah difungsikan oleh masyarakat,” kata Camat.

 

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *